close
Friday, December 25, 2015

Sifat Allah : Bukti Sifat Wujud Allah Menurut Dalil Akal Dan Al-quran (Kitab Akidatul Awam Bait ke-6)


فَاللهُ مَوْجُوْدٌ قَدِيْمٌ بَاقِيْ # مُخَالِفٌ لِلْخَلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
“Maka Allah SWT adalah Dzat yang bersifat Wujud (Ada), Qadim (tidak ada permulaan-Nya), Kekal, dan berbeda dengan makhluk secara mutlak”

Syarh (Penjelasan):

Dzat disana bukanlah dzat dalam lisan orang indonesia yang mempunyai arti materi datu benda, akan tetapi Dzat disana adalah Dzat dalam lisan orang arab yang mempunyai arti “Dirinya sendiri”, “Haqiqat-nya” karena Allah ada tanpa membutuhkan bentuk, tempat dan tidak membutuhkan makhluqnya, karena semuanya adalah ciptaanya dan Allah berdiri sendiri tanpa ada yang menciptakan dan tidak membutuhkan pertolongan makhluqnya.

Sifat wajib Allah SWT yang dua puluh tersebut yang pertama adalah sifat Nafsiyah Wujud

Sifat Wujud (Ada)

Allah SWT adalah Tuhan yang wajib kita sembah itu pasti ada. Allah SWT, ada tanpa ada perantara sesuatu dan tanpa ada yang mewujudkan. Firman Allah SWT :

إِنَّنِي أَنَا اللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِي (سورة طه،١٤ 

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS. Thaha: 14)”.

Adanya alam semesta beserta isinya merupakan tanda bahwa Allah SWT ada. Dialah yang menciptakan jagat raya yang menakjubkan ini.

Sifat Wujud pengertiannya tetapnya sesuatu dan pasti adanya, sifat wujud ini wajib bagi Alloh Ta’ala Dzatnya bukan Illat (Pengaruh Luar) maksudnya bahwa selain Alloh (Makhluk) tidak dapat mempengaruhi adanya Allah. Adapun sifat wujud tanpa Dzat itu terjadi seperti keberadaan kita yaitu melalui perbuatan Alloh Ta’ala. Adapun bukti adanya Allah yaitu adanya makhluk ini, jika Allah SWT tidak ada, maka tidak akan ada satu makhlukpun. Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku”. (QS. Thaha : 14) dan firman Alloh Ta’ala, “Tidaklah mereka memikirkan tentang kejadian diri mereka? Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya melainkan dengan kebenaran dan waktu yang ditetapkan. Dan sesungguhnya kebanyakan diantara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya”. (QS. Ar Rum :8)

Seorang badui ditanya tentang bukti adanya Allah. Dia menjawab : kotoran unta itu menunjukkan adanya unta dan kotoran hewan (teletong : jawa) menunjukkan adanya hewan keledai dan bekas kaki itu menunjukkan adanya orang yang berjalan, maka langit itu mempunyai bintang dan bumi mempunyai jalan yang terbentang dan laut mempunyai ombak yang bergelombang, apakah semua itu tidak menunjukkan atas adanya pencipta yang bijak, lagi Maha Berkuasa dan Maha Mengetahui?.
Kebalikan sifat ini adalah sifat adam (العدم) yakni Allah SWT mustahil tidak ada.

dalil akal bukti bahwa allah itu ada

1.Seluruh para nabi dan rosul yang menurut sebagian paham sebanyak 124000 semuanya menyebutkan bahwa allah itu maha ada,adanya tanpa awal dan akhir,semua nabi dan rasul mempunyaisifat sidik,tabligh,fatonah,dan amanah,tidak mungkin melakukan dusta pada umat karena mereka menyayngi umat tidak mungkin membuat uat menjadi sesat.

hingga saat menyatakan allah ada para nabi dan rasul rela dicaci,ingin dibunuh dan di embargo oleh kaum kafir bahkan banyak yang dibunuh karena menyebarkan bahwa allah itu ada,apabila mereka berbohong sangat tidak masuk akal hingga nyawanya direlakan demi kebohongan,jidi bisa diambil kesimpulan bahwa memang benarallah ada.

2.adanya alam bumi semesta ini adalah ciri ada yang menciptakannya yaitu allah yangmah ada,bermain logika takmungkin erkara yang tadinya tidak ada bisa mengadakan dirinya sendiri itu sangat mustahil dan tidak masuk akal.

contoh kecilnya yaitu jika ada kotoran ayam di suatu ruangan sedangkan ayamnya tidak ada di tempat ditemukan nya kotoran ayam,semuanya pasti menduga sudah ada ayam yang masuk ruangan buktinya ada kotorannya.

nah langit bumi dan segala isinya pun begitu,karen langit dan bumi itu ada maka ada yang menciptakan nya yaitu allah.

mungkin dengan dua dalil akal tersebut anda yang membaca dapat memahami dan meyakini bahwa allah itu ada karena banyak bukti-bukti yang sangat masuk akal seperti sedikit contoh diatas.

Sumber : Kiyai Haji Al-Alim Mohammad Sambas

Sifat Allah : Bukti Sifat Wujud Allah Menurut Dalil Akal Dan Al-quran (Kitab Akidatul Awam Bait ke-6) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eriny nofiyani

0 comments:

Post a Comment