Friday, May 25, 2018

Info Palestina : PBB, Gaza di Ambang Kehancuran

PBB, Gaza di Ambang Kehancuran

PALESTINA—Nikolay Mladenov, koordinator khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah, telah memperingatkan bahwa Jalur Gaza yang terkepung berada di ambang kehancuran.

Mladenov memberi peringatan ketika berbicara kepada Dewan Keamanan PBB pada Rabu (23/5/2018). Ia menyerukan tindakan segera untuk meringankan penderitaan orang-orang Gaza yang “semakin putus asa.”

Dia menambahkan bahwa orang-orang Gaza hidup dengan “Blokade Israel yang melumpuhkan dan dengan semakin berkurangnya harapan untuk mengakhiri penjajahan.”

PBB, Gaza di Ambang Kehancuran

“Infrastruktur Gaza bergoyang di ambang kehancuran total, khususnya jaringan listrik dan airnya serta sistem kesehatannya,” kata Mladevov.

Lebih lanjut Mladenov meminta komunitas internasional untuk bergabung untuk mengutuk tindakan Israel yang telah menyebabkan hilangnya begitu banyak kehidupan di Gaza sejak Maret.

Pasukan Israel menewaskan sedikitnya 62 orang Palestina selama protes di dekat perbatasan Gaza pada malam peringatan 70 Tahun Nakba, yang bertepatan dengan relokasi kedutaan Washington dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Lebih dari 2.700 orang Palestina juga terluka oleh tembakan Israel pada hari itu.

Mladenov juga mengecam aktivitas permukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki dan penghancuran Israel lusinan rumah dan bangunan warga Palestina baru-baru ini.

Menurut Mladenov, Israel telah menghancurkan atau menyita sekitar 30 bangunan milik warga Palestina di Tepi Barat, termasuk Yerusalem timur. Akibatnya, 43 warga Palestina telah mengungsi dan mata pencaharian lebih dari 140 orang telah terkena dampaknya.
Info Palestina : PBB, Gaza di Ambang Kehancuran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Shidqia
Loading...