Wednesday, May 30, 2018

Palestina : Warga Gaza Terobos Blokade Laut Israel

Warga Gaza Terobos Blokade Laut Israel

GAZA–Konvoi perahu yang membawa sedikitnya 25 pasien, pelajar, dan aktivis berhasil menerobos blokade laut Israel di pantai Jalur Gaza.

Keberhasilan ini merupakan pertama dalam lebih satu dekade. Kelompok perahu itu berang kat kemarin pagi dari Jalur Gaza dengan tujuan menerobos blokade laut yang diterapkan Israel sejak 2006. Satu perahu utama berisi sekitar 25 orang yang didampingi sekelompok perahu kecil lainnya berangkat dari pelabuhan nelayan di Gaza City, kemarin pagi. Beberapa informasi me - nya takan perahu itu ingin me - ne robos blokade laut Israel yang saat ini hanya mengizinkan war ga melakukan pelayaran da - lam jarak 16 km dari pantai. “Saya ingin menciptakan masa depan untuk saya sendiri. Saya ingin hidup,” kata Ehad Abu Ar - mana, 28, sebelum dia dan de - monstran lain naik ke perahu.

Warga Gaza Terobos Blokade Laut Israel

Pada siang hari kemarin, pe - rahu itu telah melintasi batas laut 16 km, dengan empat kapal perang Israel mengapit konvoi Palestina. Berdasarkan Ke se pa - kat an Oslo yang ditan da ta - ngani pada 1993, Israel wajib mengizinkan nelayan me nang - kap ikan hingga 20 mil laut, tapi kesepakatan ini tak pernah di - laksanakan Israel. Perahu-perahu Palestina bia sanya dibatasi berlayar hing - ga 6 mil laut atau 11 km dari pan - tai dan pasukan Israel secara rutin menembaki perahu-pe ra - hu yang berupaya melanggar batas itu. Konvoi perahu ke ma - rin membawa para pasien, pe - lajar, dan demonstran yang ter - luka selama unjuk rasa Great March of Return dan berharap bisa mencapai Limassol, Siprus, yang terletak di utara Gaza.

Penyelenggara dan otoritas Gaza menyatakan semua orang di perahu itu memiliki paspor yang sah dengan korban terluka harus mendapat perawatan me - dis di Turki. Ratusan orang lain - nya naik lebih dari 30 perahu untuk mendukung perahu uta - ma, tapi mereka tidak akan me - lintasi perbatasan laut yang di - izinkan Israel. Perahu-perahu itu sebagian besar adalah perahu nelayan ber - ukuran kecil. Perahu-pe ra hu itu membawa pria dan pe rem puan berusia antara 20 dan 30 tahun. Beberapa keluarga me nyatakan mereka membawa koper dan paspor berharap m eninggalkan Gaza untuk ke baikan.

Langkah ini semakin me - ningkatkan ketegangan setelah penembakan mortir dari Gaza kemarin dan beberapa pekan unjuk rasa Palestina yang me ne - waskan puluhan orang. Aksi menggunakan perahu ini di ge - lar setelah para pejuang Pa les - tina meluncurkan bom mortir terbesar terhadap Israel sejak invasi Gaza pada 2014. Israel lantas mengerahkan pesawat tempur untuk menyerang kamp-kamp Jihad Islam me res - pons serangan mortir itu. Belum ada laporan korban dari kedua pihak setelah lebih dari 25 proyektil diluncurkan dari Jalur Gaza dan pesawat Israel menyerang tiga fasilitas kelompok bersenjata Jihad Is - lam yang didukung Iran itu.

Mi liter Israel menyatakan se ba gi - an besar proyektil yang di tem - bakkan dari Gaza berhasil di - tem bak jatuh oleh pencegat ro - ket Iron Dome, tapi satu mortir meledak di halaman sekolah taman kanak-kanak hingga meng hancurkan dindingnya. Serangan itu sekitar sejam se - belum sekolah itu dibuka. Tidak ada pihak yang meng - klaim bertanggung jawab atas serangan ke Israel itu, tapi aksi itu dilakukan setelah Jihad Is lam berjanji membalas setelah tiga anggotanya tewas akibat di tem - bak tank Israel. Kekerasan me - ning kat di sepanjang per ba tas an Gaza dalam beberapa pekan ter - akhir saat 116 warga Palestina tewas ditembak Israel ketika un - juk rasa menuntut hak mereka yang dirampas rezim Zionis.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menya ta - kan, militer meluncurkan se - rang an balasan atas penem bak - an mortir itu. Dia menuduh pe - laku serangan mortir adalah Hamas dan Jihad Islam. Serangan udara itu terjadi se telah Netanyahu bicara da - lam acara publik. Warga Gaza menyebut target Israel adalah kamp-kamp pelatihan Jihad Islam. Koordinator Khusus Perse - ri katan Bangsa-Bangsa (PBB) un tuk proses perdamaian Ti - mur Tengah Nickolay Mla de nov menyeru semua pihak me na - han diri. Lebih dari dua juta warga Palestina tinggal di Gaza. Israel menarik pasukan dan pe - mukim Yahudi dari Gaza pada 2005, tapi tetap memblokade perbatasan darat dan laut. Blo - kade ini mengakibatkan per - eko nomian di Gaza lumpuh.

Me sir juga membatasi pergerak an masuk dan keluar dari per batasan Gaza. Perundingan damai antara Israel dan Palestina telah terhenti sejak 2014 dan pemu kiman Yahudi di wilayah Palestina terus dibangun Israel meski men dapat protes dari dunia internasional.
Palestina : Warga Gaza Terobos Blokade Laut Israel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Shidqia
Loading...