Sunday, September 16, 2018

Bencana Topan Melanda Amerika, 1 Juta Warga AS Dievakuasi

4 Topan Mematikan yang Menyapu Amerika Serikat

Amerika Serikat pada Jumat, 14 September 2018, kembali disapu angin topan mematikan. Topan Florence yang berupa hujan lebat disertai angin kencang telah membuat pohon-pohon tumbang, air sungai meluap dan keselamatan masyarakat terancam.

4 Topan Mematikan yang Menyapu Amerika SerikatTopan Florence pada Jumat, 14 September 2018 telah menyapu wilayah pesisir pantai Carolina, Amerika Serikat. Dikutip dari straitstimes.com pada Sabtu, 15 September 2018, jumlah korban jiwa akibat musibah ini sebanyak lima orang, yang di antaranya tewas karena tertimpa pohon tumbang.   

Badai Florence adalah angin topan kategori 3 dengan kecepatan angin 120 meter per jam. Pada Jumat sore, Pusat Badai Nasional Amerika Serikat menurunkan tingkat badai menjadi kategori 1, namun tetap memperingatkan badai ini mengancam keselamatan jiwa, di mana air laut akan terdorong ke darat dengan kemungkinan terburuk terjadi banjir bandang.


Perjalanan topan Florence memasuki wilayah pantai Amerika Serikat. {CNN}

Amerika Serikat setidaknya empat kali disapu angin topan atau badai mematikan. Musibah ini bukan hanya melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan menimbulkan kerugian ekonomi, tetapi juga menelan korban jiwa. Berikut empat topan mematikan yang pernah menyapu Amerika Serikat.

1.Topan Harvey

Musibah ini menyapu wilayah Texas pada Agustus 2017 dengan 89 korban tewas dan kerugian materi yang ditimbulkan mencapai US$ 125 miliar atau Rp 1.851 triliun. Dikutip dari situs thedailystar.com pada Sabtu, 14 September 2018, peringatan dan upaya evakuasi telah dilakukan agar masyarakat segera menyelamatkan diri dari sapuan topan Harvey, tetapi hujan lebat yang turun tiada henti telah membuat banyak wilayah di Houston, Texas, tergenang banjir sehingga melumpuhkan aktivitas warga.

2. Topan Irma

Angin topan Irma menyapu wilayah Florida pada September 2017. Sebanyak 129 orang tewas dalam musibah ini dan kerugian yang ditimbulkan mencapai US$ 50 miliar atau sekitar Rp 740 triliun. Topan Irma telah menghancurkan sebagian besar wilayah Karabia.

3. Topan Sandy

Wilayah New York dan New Jersey diaduk-aduk topan Sandy pada Oktober 2012. Situs thedailystar.com melaporkan jumlah korban tewas dalam musibah ini mencapai 147 orang dan menimbulkan kerugiaan materi US$ 65 miliar atau Rp 962 triliun. Topan Sandy adalah jenis angin topan kategori 1, namun kekacauan yang ditimbulkan sangat parah dimana air merendam kawasan mewah di New Jersey dan Manhattan.

4.Topan Katrina

Topan ini tercatat dalam sejarah Amerika Serikat sebagai salah satu musibah paling mematikan dengan korban jiwa diperkirakan mencapai 1.200 – 1.800 orang. Badai Katrina yang menyapu wilayah Louisiana dan Mississippi pada Agustus 2005 adalah topan kategori 3 yang telah menimbulkan kerugian materi hingga US$ 125 miliar atau Rp 1,851 truliun.

Topan Florence Mendekat, 1 Juta Warga AS Dievakuasi

Lebih dari 1 juta warga yang tinggal di wilayah perairan pantai Virginia, North Carolina dan South Carolina, Amerika Serikat diperintahkan segera Dievakuasi ke tempat yang aman lantaran topan Florence segera menerjang tempat tinggal mereka.

Topan tropis yang berkecepatan mencapai 140 mph akan mencapai perairan pantai Carolina pada hari Rabu malam hingga Kamis pagi, seperti dikutip dari CNN.

"Tiupan angin topan sepertinya akan mulai dirasakan pada menjelang malam hari Kamis saat topan mulai mendekati daratan," kata Michael Guy dari CNN melaporkan.

Menurut Pusat Topan Nasional, topan Florence akan meningkatkan kecepatannya mendekati daratan hingga mencapai level 5 pada 24 hingga 36 jam mendatang dengan kecepatan angin mencapai 157 mph bahkan lebih.

Setelah itu kategori kecepatan angin topan Florence akan menurun. Topan Florence akan membawa hujan deras dengan banjir bandang seketika.

Sejumlah negara bagian telah menyatakan situasi darurat seperti Carolina, Virginia dan Maryland. Gubernur Maryland, Larry Hogan mengatakan, bencana banjir akan terjadi begitu topan Florenceh menghantam negara bagian itu.

"Kami berharap yang terbaik dan bersiap untuk yang terburuk," kata Hogan.

"North Caroline menyikapi secara serius topan Florence, dan anda juga harus. Bertindak hari ini dapat mencegah kerugian akibat Florence," kata Gubernur Roy Cooper yang memerintahkan evakuasi warganya pada Senin malam.

Di South Caroline, perintah evakuasi diberlakuakn sejak Selasa siang untuk 8 kota yang berada di sepanjang garis pantai 187 mil.

Gubernur South Carolina, Henry McMaster mengatakan, kantor pemerintahan, sekola dan rumah sakit akan ditutup di 26 kota. Sekitar 1 juta orang akan terkena dampak dari topan Florence.

Di Virginia, perintah evakuasi sebanyak 245 ribu warga di Hampton Roads dan Eastern Shore dimulai pada hari Selasa, 11 September 2018 jam 8 pagi waktu setempat.

Baca: Setelah Topan Jebi, Jepang Kembali Hancur oleh Gempa Bumi

"Semua orang di Virginia perlu bersiap. Ini topan serius dan akan berdampak ke seluruh negara bagian Virginia," kata Gubernur Ralph Northam.

Pasukan Pengawal Nasional saat ini dimobilisasi ke negara-negara bagian yang akan terkena dampak topan Florence. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah mengumumkan situasi darurat di North Carolina. Trump juga mengizinkan akses dana federal untuk mengatasi dampak dari topan Florence.
Bencana Topan Melanda Amerika, 1 Juta Warga AS Dievakuasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Shidqia

0 comments:

Post a Comment

Loading...